Oemilan, 26 Juli 2018

Para siswi Smansa RBL, Rote Ndao, mengikuti tes kehamilan di sekolahnya yang diselenggarakan oleh Puskesmas Busalangga, Kecamatan Rote Barat Laut.

Setiap siswa tidak dipungut biaya dan tes ini pelaksanaannya dibantu oleh para Bidan dari Puskesmas Busalangga, Rote Barat Laut. Hasil tes sendiri bisa langsung diketahui karena menggunakan peralatan Test Pack Kehamilan yang akurasinya sudah teruji, ” kata Eby Dollok, salah satu Bidan yang melakukan tes.

Kepala SMAN 1 RBL,Victorio R. Nalle, S.Pd, mengatakan,  tes yang dilakukan kepada calon siswi baru dan siswi lama itu bertujuan untuk pencegahan secara dini. “Sebagai pencegahan sejak dini, sekaligus tes bagi calon siswa. Kalau ada yang terbukti hamil, sanksinya akan tegas dan bisa saja dikeluarkan dari sekolah.

Dari 287 siswi yang bersekolah Smansa RBL, terdiri dari siswi kelas X, XI dan XII.. Mereka tersebar dalam 24 rombongan belajar/kelas reguler. Tes urine dan kehamilan ini diwajibkan untuk seluruh siswi kelas X, kelas XI dan XII.  “Lihat hasil tes ini dulu, apakah petugas menemukan indikasi kehamilan, jika benar akan kita tindak,” kata Victorio.

(Visited 131 times, 1 visits today)