Pada tahun pelajaran 2017/2018 ini SMAN 1 Rote Barat Laut telah resmi menjalankan Kurikulum 2013. dan untuk kelas XI dan XII masih menggunakan kurikulum KTSP. Dengan pelaksanaan Kurikulum 2013 revisi ini diharapkan peserta didik mampu lebih mengenal karakter diri yang baik sesuai dengan norma yang berlaku di Indonesia pada umumnya.

                                                                             Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

Jumlah peserta didik pun tidak main-main peminatnya sangat banyak hingga mencapai 400 san lebih untuk wilayah kecamatan rote barat laut di kabupaten Rote Ndao. Akhirnya dengan beberapa seleksi didapatkan peserta didik sejumlah 289 Siswa. Dengan rincian jurusan X IIB (1 Kelas), X MIPA (3 Kelas), X IIS (5 Kelas). Banyaknya peminat calon pesert didik untuk sekolah di SmansarbL salah satunya adalah dikarenakan sekolah ini satu-satunya SMA yang berada pada kecamatan Rote Barat Laut.

Pelaksanaan MPLS dimulai pada tanggal 17 – 19 Juli 2017, dengan berbagai kegiatan yang mendidik kedisiplinan, kekeluargaan, karakter, dan keragaman.

Mengacu pada Permendikbud nomor 18 tahun 2016, tujuan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah:

  1. Mengenali potensi diri siswa baru;
  2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah;
  3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru;
  4. Mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya;
  5. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Secara umum, tujuan diadakannya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah sebagai berikut:

  1. Memperkenalkan siswa pada lingkungan sekolah yang baru mereka masuki
  2. Memperkenalkan siswa pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya.
  3. Memperkenalkan siswa pada keorganisasian
  4. Memperkenalkan siswa untuk dapat menyanyikan lagu hymne dan mars sekolah
  5. Memperkenalkan siswa pada seluruh kegiatan yang ada di sekolah
  6. Mengarahkan siswa dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat mereka
  7. Menanamkan sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi, dan berbagai nilai positif lain pada diri siswa sebagai implementasi penanaman konsep iman, ilmu, dan amal
  8. Menanamkan berbagai wawasan dasar pada siswa sebelum memasuki kegiatan pembelajaran secara formal di kelas

 

(Visited 128 times, 1 visits today)