In House Training “Membuat Media Pembelajaran Menggunakan HP”

Uncategorized
Pembukaan In House Training Oleh Drs. Max Jacob Pena
Foto bersama Guru Mata Pelajaran PPKn dan Agama saat pembukaan
Penutupan IHT Oleh Kepala SMA N. 1 Rote Barat Laut

Dengan perkembangan informasi dan teknologi, seorang guru dituntut untuk berkembang dengan tetap memfilter teknologi yang layak digunakan dalam pembelajaran. Dengan kesadaran akan hal tersebut SMA Negeri 1 Rote Barat Laut mengadakan In House Training dalam rangka meningkatkan kompetensi guru dalam menciptakan media pembelajaran sendiri, maka kegiatan IHT dibingkai dalam thema Membuat Video Pembelajaran Menggunakan HP.
Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, 29 November-1 Desember 2021, diikuti oleh seluruh guru SMA Negeri 1 Rote Barat Laut.

Dibuka oleh Pengawas SMA dan SMK Kabupaten Rote Ndao Drs. Max Jacob Oena dan ditutup oleh Kepala SMA Negeri 1 Rote Barat Laut, Victorio R. Nalle, S.Pd.

Kiki Else Dorline Tulle, S.Pd, M.Pd dan Jemi Henuk S.Pd selaku instruktur membimbing secara perlahan semua peserta hingga memperoleh hasil satu guru, satu video pembelajaran.

Instruktur IHT

Dalam sambutannya Kepala SMA Negeri 1 Rote Barat Laut mengapresiasi kegiatan yang telah berlangsung dengan baik dan hasil yang memuaskan dan memberikan kesempatan kepada guru yang mempunyai kemampuan tertentu untuk berbagi ilmu melalui IHT asalkan memiliki sertifikat keahlian dalam bidang yang diajarkan.

Foto bersama Guru Mipa
Sambutan Kepala SMA N. 1 Rote Barat Laut

Materi yang diajarkan oleh ke dua instruktur adalah cara menggunakan Google form, membuat thumbnail, membuat flyer, perekaman video menggunakan teknik green screen, cara merekam dan mengedit video, menggunggah video pembelajaran ke Youtube.

Proses Perekaman Video Pembelajaran
Proses Perekaman Video Pembelajaran

Debi S. Leloltery, S.Pd Gr selaku peserta mengatakan hal ini menarik, dan dirasakan sangat perlu untuk guru untuk membuat video pembelajaran sendiri. “Karena tidak terbiasa berbicara didepan kamera dan pertama kali mencoba kami rasa canggung, dan kalimatnya masih salah berulang-ulang, akan tetapi jika sudah terbiasa akan lebih mudah”, sambung Debi. Ia pun berniat akan terus mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam pembelajaran sehari-hari.

Video Pembelajaran Hasil IHT
Video Pembelajaran Hasil IHT
(Visited 15 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.